Ballon D’Or 2009 untuk Messi

Posted: Desember 6, 2009 in semua tentang

Ballon D’Or 2009 untuk Messi

By Republika Newsroom
// Bookmark and Share

Ballon D'Or 2009 untuk MessiMIRRORFOOTBALL.CO.UKLionel Messi

BARCELONA–Lionel Messi akhirnya mencetak sejarah bagi Argentina. Ia terpilih sebagai pemain terbaik Eropa, dan berhak mendapat penghargaan Ballon d’Or.

Messi mengalahkan gelandang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang merupakan pemenang penghargaan ini tahun lalu. Ronaldo sekarang harus puas berada di posisi runner-up.

Perolehan suara Messi di penghargaan yang diberikan majalah France Football sangat signifikan. Hampir sebagian besar dari 96 anggota dewan yang merupakan wartawan dari seluruh dunia menjatuhkan pilihan kepada Messi.

Total poin yang diperoleh adalah 473, dan itu menjadi rekor baru. Sedangkan Ronaldo hanya mendapatkan 233. Pemain Barcelona lainnya, Xavi, di peringkat tiga dengan poin 170.

Masuknya nama bintang Barcelona ini ke dalam nominasi peraih Ballon d’Or sempat memunculkan kontroversi, mengingat performanya bersama Argentina selama kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Conmebol tidak begitu bagus.

Namun raihan Messi bersama Barcelona di Liga Champions, La Liga dan Copa del Rey menjadi penilaian tersendiri bagi para juri. Di Liga Champions, Messi telah mencetak sembilan gol dari 12 pertandingan.

Pencapaian Messi ini tergolong menarik. Tahun 2007, Messi hanya menempati peringkat ketiga di bawah Kaka dan Ronaldo. Setahun kemudian, Messi duduk di posisi kedua di belakang Ronaldo.

Messi juga menjadi pemain asal Argentina pertama yang mendapatkan gelar pemain terbaik Eropa. Namun ia bukan menjadi pemain pertama di luar benua Eropa yang menyabet gelar ini. Pemain non-Eropa pertama yang mendapatkan Ballon d’Or adalah George Weah pada tahun 1995. goal.com/itz

  • Fakta & Prestasi

Messi lahir di Rosario, Santa Fe pada 24 Juni 1987. Pemain bertahun itu menguasai bola dan bergerak cepat seperti Diego Maradona dan golnya melawan Getafe pada Piala Raja April 2007. Mirip seperti yang dilakukan mantan kapten Argetnina itu ketika dengan spektakular sendirian menembus Inggris pada Piala Dunia 1986.

KARIR AWAL

  • * Bergabung dengan Barcelona ketika berusia 13 tahun pada 2000 dan bersinar dalam pertandingan yunior sebelum pelatih Frank Rijkaard membuatnya melakukan debut pada usia 16 tahun dalam pertandingan persahabatan melawan Porto pada November 2003.
  • * Membawa Argentina ke masa kejayaan kompetisi Kejuaraan Yunior Dunia 2005 di Belanda, mencetak dua gol penalti dalam kemenangan 2-1 melawan Nigeria. Seperti halnya Maradona sebelum dia mengakhiri turnamen sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak.
  • * Beralih jadi kewarganegaraan Spanyol pada September 2005.

MENCAPAI PUNCAK

  • * Melakukan debutnya bagi Argentina dalam pertandingan persahabatan melawan Hongaria pada Agustus 2005, lawan yang sama seperti yang dihadapi Maradona ketika melakukan debutnya saat ia berusia 16 ahun. Messi dikeluarkan dari lapangan kurang dari semenit sebagai pemain pengganti, karena menyikut pemain bertahan lawan, kemudian menarik kaosnya.
  • * Adanya argumen birokrasi tentang apakah ia dapat dianggap sebagai pemain Uni Eropa membuat ia tidak dapat mendukung Barcelona dalam setiap pertandingan hingga Oktober 2005. Ia mencetak enam gol dalam 17 penampilannya ketika klubnya menang dalam kompetisi liga La Liga untuk kedua kali berurutan dalam dua musim.
  • * Berlomba dengan waktu untuk tampil pada Piala Dunia 2006 dan bermain hanya pada bagian kecil dalam turnamen ini. Pelatih Jose Pekerman dikritik keras karena tidak mengeluarkannya dari kursi bangku cadangan, ketika Argentina kandas pada babak perempat final atas tuan rumah Jerman, setelah diadakan tendangan penalti.
  • * Tidak tampil selama tiga bulan pada musim 2006-07 karena mengalami cedera tulang kaki kemudian mencetak gol hatrik secara brilian ketika melawan Real Madrid sehingga pertandingan berakhir 3-3 di Nou Camp, Maret.
  • * Messi istirahat enam minggu karena cedera pada awal 2008, setelah otot kaki kirinya memar dalam laga Liga Chamnpions melawan Celtic.
  • * Membawa Argentina meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008 dan urutan kedua sebagai Pemain Terbaik FIFA 2008 setelah pemain sayap Portugal Cristiano Ronaldo, yang kemudian beralih ke Manchester United dan sekarang berada di Real Madrid.
  • * Pada Mei 2009 ia menolong Barcelona menang dalam pertandingan final Liga Champions, mencetak gol kedua untuk kemengan 2-0 atas Manchester United sehingga klubnya juara untuk ketiga kali setelah kemenangan pada 1992 dan 2006.
  • * September, Messi menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun sehingga ia tetap di Barca hingga 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s