William Wallace – The True Hero of Freedom

Posted: Oktober 27, 2009 in Legenda

Sir William Wallace (1272 – 23 Agustus 1305) adalah seorang ksatria Skotlandia dan tuan tanah (landholder) yang dikenal untuk memimpin perlawanan selama Perang Kemerdekaan Skotlandia dan sampai saat ini diingat di Skotlandia sebagai seorang patriot dan pahlawan nasional.

Bersama dengan Andrew Moray, ia mengalahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran di Jembatan Stirling, dan menjadi Guardian of Scotland, melayani sampai akhirnya ia dikalahkan di Pertempuran Falkirk oleh Raja Edward I. Ia lalu mengundurkan diri sebagai Guardian. Dia ditangkap pada tahun 1305 dan dibawa ke London, di mana ia dihukum karena pengkhianatan dan dihukum mati. Meskipun banyak dari kisahnya dikaburkan oleh legenda, namun pada umumnya telah disepakati bahwa ia adalah seorang yang sangat besar, berpendidikan, berjuang dengan semangat dan taktik brilian. Wallace adalah inspirasi bagi puisi, “The Acts and Deeds of Sir William Wallace, Knight of Elderslie”, pada abad ke-15, Blind Harry, penyair. Puisi ini adalah referensi untuk film tahun 1995 Braveheart.
John Donald Carrick, dalam bukunya Life of Sir William Wallace of Elderslie, mengkonsolidasikan beberapa deskripsi historis yang tersedia bagi Wallace sebagai berikut:
“Wajahnya panjang, proporsi yang baik, dan tampan, matanya yang cerah dan tajam, rambut kepala dan janggut nya pirang, dan cenderung meringkuk; dengan warna yang lebih ringan pada alis dan bulu mata. Bibirnya bulat dan penuh. Ia bertubuh tinggi dan gagah, kepala dan bahu nya di atas lebih tinggi dari pria tertinggi di negara ini. Namun bentuknya, walaupun raksasa, memiliki simetri yang paling sempurna, dan dengan tingkat kekuatan yang hampir tidak dapat dipercaya, ada gabungan seperti ketangkasan tubuh dan kelincahan yang tidak ada seorangpun bisa melarikan diri dari nya, kecuali bila menaiki kuda, hanya dengan itu bisa melarikan diri dari nya ketika Wallace mengejar. “

Kematian Yang Tragis

Wallace dihukum mati di Elms, Smithfield, London. Matius Westminster, penulis sejarah, menjelaskan penderitaan nya sebagai berikut: “Dia di gantung (kepala nya), saat hampir mati, ia diturunkan, lalu dinaikkan lagi, diturunkan lagi (kek di film braveheart, ); berikutnya genital-nya dipotong dan isi perutnya dirobek dan dibakar dalam api, dan kemudian kepalanya dipenggal dan tubuhnya dipotong menjadi empat bagian. ” Menurut D.J. Gray dalam “William Wallace: The King’s Enemy” tubuh Wallace dipotong-potong dan kepalanya diletakkan di atas tombak di London Bridge. .

Kaki kanannya dibawa ke Berwick, dan tangan kiri ke Perth, lengan kirinya untuk Stirling dan lengan kanan tergantung di atas jembatan di Newcastle-upon-Tyne ‘di atas saluran pembuangan umum’.

Sir John de Segrave menerima 10 shillings (mata uang saat itu) untuk meletakkan tubuh Wallace yang telah dipotong-potong sesuai dengan keinginan Raja Edward, “untuk teror dan ancaman kepada semua orang yang berani melawan mereka”.

Ada tradisi lokal mengatakan bahwa, para biarawan dari Cambuskenneth Abbey pergi pada tengah malam untuk mengumpulkan apa yang tersisa di lengan kiri Wallace. Yang kemudian mereka kubur di dalam tanah, dengan tangan terulur dan menunjuk ke arah Abbey Craig, kemenangan luar biasa Wallace semasa hidup, di mana saat ini telah berdiri megah monumen untuk mengenang patriot yang besar itu.

Pedang Sang William Wallace

Pedang Wallace, Claymore, diakui sebagai milik William Wallace (1270 – 1305), seorang ksatria dan patriot Skotlandia yang memimpin perlawanan terhadap pendudukan Inggris di Skotlandia selama Perang Kemerdekaan Skotlandia. Dikatakan telah digunakan oleh William Wallace pada Pertempuran Stirling (1297 ) dan di Pertempuran jembatan Falkirk (1298).

Ukuran pedang mencapai 5 kaki, 6 inci (168cm). Dengan berat pedang mencapai 2,7 kg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s