Legenda Kota Roma : Romulus dan Remus

Posted: Oktober 27, 2009 in Legenda

Menurut legenda, ada dua orang laki – laki bersaudara, Amulius, dan saudaranya yang bernama Askanius,Raja Lavinicum. Amulius membunuh Askanius dan putranya, lalu merebut takhta kerajaan. Rencana ini berhasil sampai putri Askanius, Rhea Silvia, melahirkan dua putra kembar. Amulius memerintahkan agar Silvia dipenjarakan dan kedua putra kembar itu dibuang ke sungai Tiber. Namun mereka selamat dan kemudian dirawat oleh seekor serigala betina. Seorang penggembala menemukan kedua anak itu dan menyelamatkannya dari serigala. Ia dan istrinya menamai mereka Romulus dan Remus, lalu merawat mereka hingga dewasa.

Pada atau sekitar 753 tahun sebelum masehi, kedua bersaudara ini mendirikan sebuah kota baru di Bukit Palatine yang berlokasi di kota Roma saat ini. Tetapi, mereka terus bertengkar, dan akhirnya Romulus membunuh saudaranya sendiri.

Kota itu kemudian dinamai Roma, yang diambil dari nama Romulus, dan bertumbuh menjadi kota penting. Romulus melaksanakan politik perluasan kekuasaan yang mencakup penaklukan atas wilayah – wilayah berdekatan dengan kekerasan. Inilah awal dari sebuah kekaisaran yang akan berlangsung seribu tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s