Mitology : Pahlawan Yunani

Posted: Oktober 26, 2009 in Legenda

Herakles

Dalam mitology Yunani, Heracles atau Herakles yang berarti “kejayaan Hera”, atau “Berjaya melalui Hera” Alcides atau Alcaeus (nama asli) (“Ἥρα + κλέος, Ἡρακλῆς)” adalah seorang tokoh pahlawan, anak  Zeus  dan Alcmene, anak angkat Amphitryon dan cucu dari Perseus. Ia merupakan pahlawan terbesar Yunani. Dalam sastra Romawi dan Barat, ia dikenal sebagai Hercules Ia merupakan pahlawan Yunani yang di dalam Mitology selalu berusaha membantu masyarakat Yunani dalam menghadapi kesulitan yang diakibatkan monster ataupun ulah dari raja dan penguasa yang lalim.

Pertempurannya yang terkenal adalah saat ia melawan Singa Nemea yang mana kulitnya kebal tehadap panah, pedang, dan racun. Dia berhasil mengalahkan singa tersebut dan memakai kulitnya sebagai pelindung badannya. Selain itu, pertempurannya melawan Hydra, naga berkepala empat juga menjadi cerita yang sangat terkenal. Hydra adalah naga yang ketika kepalanya tertebas akan tumbuh dua kepala. Herakles yang setelah bersusah payah berhasil mengalahkannya mengambil racunnya dan mengoleskannya ke busur panah yang dimilikinya, dan menjadikan senjatanya sangat ampuh dalam membunuh musuhnya.

Herakles pada akhirnya meninggal dan diberikan tempat di langit oleh Zeus dalam rasi bintang.

Hercules, patung perunggu Romawi (Louvre Museum)

Achilles

Dalam Mitology yunani,Achilles (Yunani Kuno: Ἀχιλλεύς) adalah seorang Pahlawan yunani dalam Perang troya dan tokoh utama serta pejuang terbesar dalam Iliad Homerus. Achilles merupakan anak dari nimph Thesis dan Peleus. Legenda mengisahkan Achilles kebal di seluruh badannya kecuali pada tumit.

Leonidas

Leonidas (ejaan Inggris: Λεωνίδας; “anak Lion”) adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiaid, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Hercules karena kekuatan dan keberaniannya. Tanggal lahir Raja Leonidas tidak diketahui, namun ia diperkirakan meninggal di Pertempuran Thermophylae pada bulan Agustus, 480 SM.

Leonidas merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Dorieus dan adiknya bernama Cleombrotus, yang sempat memimpin kekuasaan selama beberapa saat setelah kematian Leonidas, sebelum akhirnya digantikan oleh Paunsanias, anak Cleombrotus.

Leonidas naik tahta menggantikan Cleomenes I, sehintar tahun 489 atau 488 SM. Ia menikah dengan anak Cleomenes, Gorgo. Namanya menjadi terkenal akibat perannya di pertempuran Thermophylae.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s